Pojokin.com

Pojok Indonesia

Gagal Paham Itu Bikin Hoax

Pojokin.com — Banyak sekali beredar pemberitaan yang tidak betul atau simpang siur informasi di masyarakat. Mengakibatkan kebenaran menjadi buram dan gejolak informasi. Mungkin, ada benarnya informasi yang benar tapi sedikit mempercayai akan dikalahkan dengan informasi yang kurang benar dengan pengikut berjubel-jubel. Setidaknya, fenomena ini yang kerap di masyarakat.

Kalau dirunut, permasalahan yang terjadi ada beberapa aspek. Pertama, literasi masyarakat yang kurang. Kedua, media sosial yang tidak terbendung. Ketiga, pemerintah belum memverifikasi informasi. Semua itu, bila dibiarkan tanpa ada kontrol akan bertambah banyak informasi yang kabur. Lantas, membuat masyarakat saling curiga antar lainnya.

Sebelum terjadi perpecahan antara bangsa, (semoga tidak) literasi masyarakat harus ditingkatkan. Akses ruang publik diisi dengan bacaan yang bermanfaat. Contoh, Stasion Kereta Api, Bandara, Terminal, dan Pelabuhan ada ruang terbuka untuk literasi. Kalau akses sudah ada, tingkat pemahaman juga ditingkatkan. Kadang, beberapa orang membaca buku yang sama mendapatkan informasi yang berbeda-beda. Makna dan pesan dari bacaan tidak tersampaikan. Karena masyarakat Indonesia membaca tidak tuntas, kadang hanya melihat judul saja. Maka, gagal paham itu sering terjadi Hoax (kebohongan). Semestinya, membaca harus tuntas agar makna dan pesan bisa tersampaikan.

Media sosial juga biang keladi gejolak informasi. Semakin banyak orang memakai media sosial membuat mudah Hoax tersebar. Karena seringnya orang bagikan informasi lewat media sosial tanpa melihat isinya. Pasti ada teman yang tanya “Kamu sering share informasi, udah dibaca belum?” Jawabannya, rata-rata belum. Mungkin tangan gatal kalau tidak membagi informasi. Padahal itu, memperburuk ruang publik walau mereka ingin dianggap serba tahu apapun yang terjadi.

Cara sederhana, saring dulu informasi sebelum bagikan orang lain. “Saring sebelum Sharing”. Mudah sebetulnya, tapi sulit bagi orang yang tidak terbiasa. Saring dalam membaca informasi dapat dilakukan dari melihat sumber yang kredibel dan tanggal terbit. Sekali lagi, cek dan cek sebelum membagikan informasi lewat sosial media. Jangan asal sharing, biar keliatan serba tahu tapi malah membuat orang lain menerima informasi yang salah. Tidak kalah penting, peran pemerintah yang memiliki akses untuk memverifikasi berita dan sumber informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *